cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
PRoMEDIA
ISSN : -     EISSN : 24609633     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL TENTANG PERMASALAHAN DAN ISU TERKINI DALAM PERKEMBANGAN KEHUMASAN SERTA MEDIA KOMUNIKASI. DITERBITKAN OLEH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA" : 7 Documents clear
Penerimaan dalam E-Government (Studi Fenomenologi pada Pengguna Layanan Terpadu Satu Pintu di BPTSP DKI Jakarta Firman Firman; Restu Rahmawati; danang trijayanto
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.575 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.1055

Abstract

Penelitian ini membahas impementasi e-government pada badan pelayanan terpadu satu pintu (BPTSP) DKI Jakarta yang berfokus pada objeknya adalah pengguna layanan di badan tersebut. Bagaimanakah Penerimaan e-governmentnya di badan tersebut merupakan rumusan masalah dari penelitian ini. Lahirnya Lembaga ini berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, hanya saja berfokus pada pengguna pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk melihat pengalaman dari para pengguna sistem layanan berbasis elektronik atau e-government yang sedang menjadi kewajiban setiap badan pemerintah untuk menerapkannya. Objek penelitian berjumlah lima orang. Hasil dari penelitian Penerimaan dari Implementasi e-government di Badan Pelayanan Terpadu satu Pintu, mencakup dua permasalahan. Pertama, permasalahan pada pengelola, dan yang kedua permasalahan pada penerimaan masyarakat. Permasalahan pada pengelolaan, yaitu masalah pada teknis atau dukungan pada sistem dan infrastruktur serta sumber daya manusia yaitu teknisi. Permasalahan pada penerimaan masyarakat, merupakan dampak dari sistem yang diberlakukan dalam pelayanan. Sistem dengan double mekanisme, membuat masyarakat merasa tidak efisien. Kata kunci: Penerimaan, e-government, layanan, masyarakat, pengguna, BPTSP  
Peran Vlogger Sebagai Online Inflluencer dalam Industri Media Digital di Indonesia Detta Rahmawan; Jimi Narotama Mahameruaji; Hanny Hafiar
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.279 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.938

Abstract

Vlogger (Video Blogger) atau di Indonesia juga kerap disebut dengan YouTuber dan Content Creator adalah sebuah fenomena menarik dalam perkembangan industri media digital. Para Vlogger ini mengunggah beragam video pada akun media sosial mereka dengan tema yang bervariasi: mulai dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan mereka sehari-hari, pendapat mereka akan berbagai topik yang sedang hangat diperbincangkan, hingga berbagai tutorial dan ulasan barang. Penelitian ini menganalisis peran Vlogger dalam industri media digital di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus. Penelitian ini menemukan bahwa Vlogger telah menjadi salah satu entitas bisnis yang unik dalam industri periklanan dan industri media digital. Vlogger dapat dilihat sebagai manifestasi konsep Micro-Celebrity serta Online Influencer atau selebritis online yang berpengaruh, terutama di kalangan anak muda. Video Blog dianggap sebagai salah satu bentuk komunikasi yang unik dimana kedekatan antara Vlogger sebagai selebritis dengan khalayak atau fans dapat dibangun dengan cara memperlihatkan keseharian aktifitas para Vlogger tersebut. Bentuk promosi dan endorsement dengan menggunakan vlog juga dianggap lebih natural dibandingkan iklan digital yang bersifat konvensional. Penelitian tentang Vlogger dalam ekosistem bisnis media, terutama dalam konteks Indonesia masih sangat jarang ditemukan. Oleh karena itu diharapkan penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan terkait fenomena Vlogger dalam konteks perkembangan industri media digital di Indonesia.
Inovasi Online Gaming PT. Gameloft Indonesia Sebagai Bentuk Promosi Daerah Yogyakarta di Pasar MEA vidya kusumawardani
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.305 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.1068

Abstract

Inovasi Permainan online yang dihasilkan oleh Gameloft telah merambah pangsa pasar internasional, terbukti melalui produk digital yang telah dihasilkannya, mampu menjadikan PT. Gameloft sebagai distributor permainan digital terbesar di dunia, termasuk di Asia Tenggara. Meskipun  begitu, masih terdapat masalah yang dihadapi yaitu:Apakah produk digital yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia telah mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pasar MEA? Mengingat PT. Gameloft berlokasi di Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskiptif yang dilakukan melalui proses wawancara tidak terstruktur kepada beberapa instansi terkait diantaranya kepada Disperindag Yogyakarta dan PT. Gameloft Indonesia dengan metode analisis interaktif. Melalui metode analisis interaktif yang dilakukan dengan proses wawancara kepada Disperindag Yogyakarta dan PT.Gameloft Indonesia selama bulan Juli-Agustus 2017, maka diperoleh hasil bahwa produk yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia belum mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pangsa pasar MEA dikarenakan produk-produknya masih terpengaruh dengan budaya barat. Hal ini terjadi dikarenakan belum adanya pemahaman yang baik antara Gameloft, Pemda Yogyakarta terkait dengan sosialisasi 4K (Keraton, Kampung, Kampus dan Keprajan). Kata kunci: Difusi inovasi, permainan online, gameloft, identitas Yogyakarta, 4K
PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA “AKU ANAK BERANI” (Studi deskripsi komunikasi interpersonal Anak dalam bermain ular tangga “aku anak berani”) sri wahyuning astuti
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4429.469 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.801

Abstract

Meningkatnya kasus kekerasan seksual terhadap anak-anak dari tahun ke tahun, memaksa semua pihak harus ikut peduli. Tidak hanya keluarga, penanaman pemahaman pendidikan seksual juga harus dilakukan oleh lingkungan pendidik. Guru sebagai pendidik, diharapkan dapat memberikan pemahaman seksual kepada anak didik dengan menggunakan pendekatan yang benar-benar dapat dipahami oleh usia anak-anak. Ada banyak cara dilakukan untuk memberikan pemahaman pendidikan seksual pada anak-anak, diantaranya dengan menggunakan permainan ular tangga. Dengan menggunakan permainan, anak-anak diharapkan dapat menerima pesan yang hendak disampaikan oleh Guru. Pada dasarnya inti pendidikan dan komunikasi adalah sama yakni adanya komunikator dan komunikan. Hanya tujuan yang hendak dicapai yang memiliki sedikit perbedaan. Bermain melalui ular tangga selain menggunakan komunikasi verbal juga menggunakan komunikasi non verbal. Dengan melihat simbol dan gambar, anak diharapkan dapat melakukan proses komunikasi yang tepat sehingga tercapai maksud komunikasi yang akan dilakukan.   Kata kunci: Pendidikan seks, permainan ular tangga, komunikasi interpersonal
MODEL STRATEGI KOMUNIKASI RESIKO KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA ALAM DI KABUPATEN PANGANDARAN (Studi Tentang Pendidikan Publik Dalam Membentuk Masyarakat Tangguh Bencana Di Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat) YUNUS WINOTO
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.577 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.690

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang model strategi komunikasi resiko kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Kabupaten Pangandaran. Fokus dalam penelitian ini meliputi aspek komunikator, cara penyusunan pesan serta aspek media yang digunakan dalam menyampaikan informasi tentang kebencanaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) yakni suatu metode yang memadukan data, teknik, rancangan serta pendekatan (kuantitatif dan kualitatif) dalam sebuah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi serta melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa rancangan model strategi komunikasi resiko kesiapsiagaan menghadapi bencana alam ini dimulai dengan  (1) tahap perencanaan yang meliputi penentuan tujuan kegiatan, bentuk komunikasi yang akan dilakukan, khalayak sasarannya serta melakukan penyusunan materi pesan. Adapun materi pesan yang disusun adalah tentang gempa bumi dan tsunami; (2) tahap kedua yaitu melakukan pemilihan media dan melakukan uji coba rancangan model strategi komunikasi resiko. Dalam melakukan ujicoba jika masih terdapat kekurangan maka akan dilakukan berbagai perbaikan, sedangkan dari hasil ujicoba sudah dianggap baik, maka model ini dapat diterapkan. Adapun dari hasil ujicoba yang telah dilakukan dengan beberapa penyempurnaan maka model strategi komunikasi resiko kesiapsiagaan menghadapi bencana ini dapat diterapkan dalam kegiatan komunikasi resiko pada masyarakat Kabupaten Pangandaran.ABSTRACT This research aims to design a model of risk communication strategies for natural disasters preparedness in the District Pangandaran. The focus in this study include aspects communicator, how to prepare the message as well as aspects of the media used in conveying information about the disaster. The method in this study using a mixture (mix method) which is a method that combines the data, engineering, design and approaches (quantitative and qualitative) in a study. Data was collected through questionnaires, interviews, observations, and through the study of literature. Based on the results of this research note that the draft model of risk communication strategies to face this natural disaster preparedness begins with (1) the planning phase that includes goal setting activities, forms of communication to be performed, the target audience and perform material preparation message. The material is composed message about the earthquake and tsunami; (2) the second stage of an election and the media to test the draft model of risk communication strategies. In conducting the trial if there are shortcomings there will be a variety of improvements, whereas the results of the trial have been considered good, then this model can be applied. The results of experiments conducted with several improvements the risk communication strategy model of disaster preparedness can be applied in the risk communication activities in Pangandaran Regency society.
Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram nofi permatasari; danang trijayanto
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.864 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.952

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang semakin pesat. Salah satu aplikasi media sosial yang sangat menyita perhatian masyarakat adalah Instagram. Dalam media sosial tersebut kita dapat memposting photo dan video serta memberikan caption dan hastag didalamnya. Hastag dalam Instagram biasanya digunakan untuk pengelompokan dan juga pembuat trending topic. Banyak pengguna Instagram menggunakan aplikasi tersebut sebagai ajang eksistensi diri mereka. Eksistensi sendiri merupakan bentuk dari dari sebuah keberadaan atau suatu bentuk dari pengakuan bahwa kita ada. Sementara OOTD sendiri merupakan sebuah singkatan dari Outfit Of The Day yang merupakan bentuk dari suatu konsep fashion atau style yang dipakai pada hari itu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tetang hastag yang saat ini sedang banyak digunakan di Instagram yaitu #OOTD yangdikatakan sebagai symbol dari eksistensi.   Kata Kunci: Instagram, Hastag, Eksistensi.
STRATEGI CITY BRANDING HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG SEBAGAI SMART CITY MELALUI PROGRAM SMART GOVERNANCE annisa dwi; Dini Salmiyah
PRoMEDIA Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA
Publisher : UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.064 KB) | DOI: 10.52447/promedia.v3i2.947

Abstract

Increased globalization at the present time requires the municipality to compete against its branding including one of the city is the focus of Bandung smart city. Within three years the city has made to compete in the international arena to represent Indonesia was chosen as a 6th Finalist of the world for innovation Smart City of the World Smart City Organization in Barcelona. Public Relations of the Government of Bandung as a reflection of smart governance that actively provide information and to interact actively with the audience through both online and offline media. Researchers used the constructivist paradigm with the aim of research to find out the city branding strategy undertaken by the Government Public Relations Bandung in realizing smart city through smart governance program. This study uses descriptive qualitative method through interview data collection techniques. The object of this research is the Government Public Relations Bandung. Results of the study revealed that the strategy that is through the integration of online and offline communications through social media publishing, electronic and print, establishing media relations, and performed a special event.   Keyword: public relation, city branding, smart city, smart governance

Page 1 of 1 | Total Record : 7